Tips Memilih Beras

Anda tentu ingin memilih beras berkualitas sesuai dengan harga yang Anda bayarkan. Semoga tips-tips ini berguna bagi anda dalam memilih beras yang berkualitas.


Langkah 1
Perhatikan bentuk bulir beras. Beras yang baik bentuk bulirnya utuh. Jika dalam beras yang Anda beli memiliki banyak pecahan dalam bulirnya, itu menandakan bahwa kualitas beras kurang baik. Selain itu, beras yang baik memiliki bentuk bulir yang kurang lebih seragam. Pandan wangi kualitas unggul misalnya memiliki bentuk bulir bulat yang seragam.

Langkah 2
Genggamlah beras dalam tangan Anda. Tangan Anda tidak boleh basah atau berkeringat. Beras yang baik akan terasa licin di tangan. Jika Anda melepaskan genggaman, bulir beras akan tergelincir dengan mudah dan tidak banyak meninggalkan sisa bulir beras di telapak tangan Anda.
Namun, Anda harus tetap hati-hati. Kelicinan beras dapat saja sekedar polesan. Untuk menghindari beras polesan, Anda harus memperhatikan tangan Anda. Jika beras polesan, maka beras tersebut akan tegelincir berasa seperti dilumuri oleh minyak. Beras yang asli akan meninggalkan sedikit serbuk di telapak tangan Anda. Serbuk ini akan membuat telapak tangan Anda terasa sedikit kasar.

Langkah 3
Gigit beras untuk melihat kadar kekeringan beras. Beras yang baik akan terasa lebih sulit untuk pecah saat Anda gigit. Beras yang sulit pecah menandakan bahwa beras ini cukup kering saat penggilingan dan penyimpanan. Beras yang cukup kering dapat disimpan 1-3 bulan. Keawetan beras juga tergantung tempat Anda menyimpan. Jauhkan dari tempat yang lembap.
Sebaliknya, beras yang kurang kering akan terasa lembek saat digigit. Beras yang kurang kering biasanya bulirnya pecah-pecah. Jangan menyimpan beras yang kurang kering terlalu lama karena akan mudah apek.

Langkah 4
Cium kadar wanginya beras. Beras yang berbau enak menandakan bahwa beras itu baru. Sebaliknya beras yang berbau apek menandakan bahwa beras itu sudah lama.

Semoga bermanfaat....

1 komentar: